Monday, June 8, 2015

Analisis Website Menggunakan Alexa

Alexa Internet, Inc. adalah suatu anak perusahaan dari Amazon yang berbasis di California yang mana menyediakan data trafik dari suatu komersial website. Ditemukan sebagai perusahaan independen di 1996, Alexa dibeli oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar milik Alexa mengumpulkan data pada perilaku browsing dan mengirimkan data tersebut ke website utama Alexa, dimana data tersebut disimpan dan dianalisa, membentuk suatu basis untuk laporan trafik web perusahaan tersebut.

Website yang akan saya analisa menggunakan Alexa adalah IGN.com.
IGN(Sebelumnya adalah Imagine Games Network)  merupakan suatu website yang ditemukan oleh seorang media entrepeneur Chris Anderson pada tahun 1996, yang berfokus pada hiburan khususnya video game, film, music, dan media hiburan lainnya. Website utama IGN terdiri dari beberapa situs khusus atau yang mereka sebut dengan 'Channel', yang masing-masing mencakup informasi spesifik dari suatu area hiburan; Termasuk Video Games Platform utama dan bentuk lain dari hiburan seperti televisi, komik, dan film.

Hasil Analisa


Menurut data trafik Alexa, IGN memiliki rangking global 280 dan 113 di Amerika Serikat.

Pengunjung website IGN menurut geografinya, terbanyak adalah pengunjung dari Amerika Serikat sebanyak 47,4% diikuti oleh Inggris dan Kanada.

Menurut Engagement Metric diatas, IGN memiliki bounce rate(persentase kunjungan yang terdiri dari single pageview) sebesar 48.6% dan Pageview harian per pengunjung sebesar 2.91%, serta waktu harian yang pengunjung situs habiskan di IGN adalah selama 4 menit 18 detik.

Data diatas menunjukan persentase kunjungan ke website IGN yang berhasil dari pencarian kata kunci di mesin pencari dan 5 kata kunci teratas yang pengunjung cari pada mesin pencari yang hasilnya merujuk pada suatu halaman di website IGN.

Data diatas menunjukan 5 situs teratas yang dikunjungi oleh pengunjung tepat sebelum mengunjungi website IGN.



No comments:

Post a Comment